Wednesday, January 8, 2014

Pertamina Segera Resmikan Anak Usaha Baru Pembuat Kapal (Tulisan Softskill)

Pertamina Segera Resmikan Anak Usaha Baru Pembuat Kapal

Arbi Anugrah - detikfinance
Rabu, 08/01/2014 18:37 WIB

Cilacap -Untuk memperkuat armada angkut di masa depan, PT Pertamina (Persero) akan segera meresmikan anak perusahaan baru di bidang perkapalan, yang saat ini masih menunggu izin dari Kementerian BUMN.

"Kita akan launching Juli 2014. Saat ini masih menunggu perizinan Kementerian BUMN, administrasi sudah 60 persen," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya saat melepas kapal tanker itu di pelabuhan Area 70 Revenuery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (8/1/2013).

Menurut Hanung, pihaknya berencana untuk dapat mengoperasikan lebih banyak kapal tanker. Saat ini, jumlah kapal tanker yang digunakan Pertamina berjumlah 201 unit. Dari jumlah itu, 59 unit merupakan kapal milik Pertamina, sedangkan sisanya merupakan kapal sewaan.

"Dalam 7 tahun ke depan, kita akan memiliki 100 kapal tanker. Ini karena kebutuhan kita banyak. Mudah-mudahan dalam 1 hingga 2 tahun ke depan akan ada 80 kapal," jelasnya.

Sementara itu, pada 2018, Pertamina juga akan mempunyai kapal tanker LNG pertama dengan kapasitas 140 ribu meter kubik, untuk mengangkut kargo LNG dari Amerika Serikat (AS) sekitar 800 metrik ton per tahun.

Sedangkan untuk nilai investasi pengadaan kapal tersebut, pihaknya belum bisa memperhitungkan berapa jumlahnya. Namun pihaknya memperkirakan nilai investasi tersebut hingga ratusan juta dolar.

"Ada hitungannya, tergantung harga baja, misalnya untuk satu kapal seperti MT Gunung Geulis itu saja mencapai US$ 50 juta," tambahnya.

(arb/dnl)


Analisa : PT Pertamina (Persero) akan segera meresmikan anak perusahaan baru di bidang perkapalan guna memperkuat armada angkut di masa depan. Proyek penguatan tersebut kini hanya tinggal menunggu izin dari Kementerian BUMN.
Penambahan kapal tanker pun sudah dicanangkan hingga mencapai 100 kapal ucap Hanung Budya selaku
Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina. Ditilik dari nilai investasinya, proyek pengadaan kapal tersebut masih abu-abu, tapi perkiraan mencapai ratusan juta dolar merupakan nilai yang dapat ditaksir.


Berita disadur dari : http://finance.detik.com/read/2014/01/08/183704/2462065/1034/pertamina-segera-resmikan-anak-usaha-baru-pembuat-kapal?f9911023

No comments:

Post a Comment