Wednesday, January 8, 2014

Garut Produksi 1 Juta Ton Gabah (Tulisan Softskill)

Garut Produksi 1 Juta Ton Gabah

GARUT, TRIBUN - Kabupaten Garut memproduksi 1 juta ton gabah kering giling pada tahun 2013. Sebelumnya pada 2012, Kabupaten Garut memproduksi 993 ribu ton gabah kering giling.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Garut, Tatang Hidayat, mengatakan dari angka 1,065 ton gabah kering giling yang diproduksi tahun lalu, diasilkan sekitar 670 ribu ton beras.

"Sebanyak 2,5 juta warga Kabupaten Garut hanya membutuhkan 370 ribu ton beras per tahun. Jadi, Kabupaten Garut surplus beras 300 ribu ton. Beras ini dijual keluar daerah Kabupaten Garut," kata Tatang Hidayat, Senin (8/1).

Jika warga Kabupaten Garut tetap mempertahankan produktivitas beras sampai saat ini sedangkan jumlah penduduk tetap bertambah, katanya, Kabupaten Garut diperkirakan masih surplus beras sampai 15 tahun ke depan.

Ancaman nyata bagi produksi beras di Kabupaten Garut, katanya, adalah penyempitan lahan pertanian. Dalam 10 tahun terakhir, katanya, Kabupaten Garut kehilangan 4.500 hektare sawah karena dijadikan perumahan. (*)


Analisis : Jawa Barat berkonsentrasi di Kabupaten Garut memproduksi 1 juta ton gabah kering giling pada tahun 2013. Terjadi peningkatan, dimana tahun sebelumnya hanya mencapai 993 ton gabah kering giling.
Tatang Hidayat selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Garut menyatakan bahwa dihasilkan 670 ribu ton beras dari 1,065 ton gabah kering giling yang diproduksi tahun lalu.
Peningkatan penduduk yang diimbangi produktivitas beras yang ada akan menyediakan surplus beras di Garut hingga 15 tahun ke depan, tapi di lain sisi ada ancaman nyata yang mendampingi, yaitu penyempitan lahan pertanian sampai 4.500 hektare selama 10 tahun terakhir akibat perubahan sawah menjadi perumahan.

Berita disadur dari : http://jabar.tribunnews.com/2014/01/08/garut-produksi-1-juta-ton-gabah

No comments:

Post a Comment