Sunday, November 20, 2011

Komodo, Harus Bawa Efek Baik!

New 7 Wonders
Vote Komodo dengan cara ketik : KOMODO kirim ke 9818

Kalimat di atas sepertinya terus bergulir dewasa ini
Aliran dukungan untuk menjadikan Pulau Komodo menjadi salah satu keajaiban dunia baru benar - benar diusahakan oleh pihak - pihak yang mendukung kemenangan komodo dalam voting new 7 wonders.
pada tanggal 11-11-2011
New 7 Wonders pun sudah mengumumkan pemenang sementara 7 keajaiban dunia terbaru, dan salah satu di antaranya adalah Pulau Komodo.

Kemenangan ini pun disyukuri oleh Bangsa Indonesia.
Bagaimana tidak ? Eksotisme negara ini dengan berbagai keajaiban - keajaiban di dalamnya masih tetap eksis di mata dunia.
Kita coba lirik masa lalu dimana Candi Borobudur menjadi keajaiban dunia, dan kini estafet keajaiban dunia dilanjutkan oleh Pulau Komodo.
Dalam hal nama dan pengakuan dunia internasional memang sangat dibutuhkan Indonesia di tengah ketidakjelasan masalah - masalah yang kini dihadapi Bangsa Indonesia, setidaknya ada penghibur.

Kesampingkan soal lain, sekarang coba bicarakan apakah kemenangan Pulau Komodo membawa dampak ? itu yang kini patut dipertanyakan.
Apakah hanya sekedar emosi sesaat mendukung komodo, menang, sehabis itu tidak ada respon apa - apa lagi ?
Seharusnya tidaklah demikian, kemenangan ini harusnya memberi dampak yang besar, karena meraih kemenangannya pun membutuhkan pengorbanan dan dukungan yang besar.

Mari kita telaah.

Pulau Komodo yang terletak di NTT. Pembaharuan keajaiban dunia baru seharusnya menjadikan Pulau Komodo menjadi objek wisata yang membawa dampak perekonomian yang baik bagi masyarakat NTT. Perekonomian di NTT harusnya berkembang karena seiring semakin banyaknya turis yang datang untuk berwisata ke Pulau Komodo, maka kehidupan pasar disana akan bergerak, di bagian apa saja, mulai dari penjualan jasa, penjualan paket perjalanan, dan segala macam aspek ekonomi yang dapat membuat kemajuan bagi masyarakat NTT.
Bukan hanya itu saja, dengan banyaknya turis yang ke NTT maka objek wisata Indonesia yang terkenal di dunia bukan hanya Bali saja, melainkan NTT juga. Trademark Indonesia yang memang adalah "Bali" memang akan sulit disaingi, tapi setidaknya mata dunia pun bisa melirik NTT sebagai tempat objek wisata. Di NTT bukan hanya ada Pulau Komodo tapi ada juga Danau Kelimutu, danau tiga warna.
Dilihat dari kenaikan kehidupan ekonomi di NTT, maka diharapkan kesejahteraan masyarakat NTT pun akan membaik, jangan sampai ada eksploitasi tangan - tangan penguasa ekonomi di NTT yang "bermain" tapi biarlah kemenangan Pulau Komodo menjadi kemenangan Masyarakat NTT juga.

Itu dari aspek NTT.
bagaimana aspek nasional ?
Seharusnya dengan kemenangan Pulau Komodo, maka Indonesia seharusnya bangga mempunyai warisan alam yang begitu ajaib. Nah, dengan demikian maka penjagaan untuk aset negara itupun harus semakin digalakkan, untuk menjaga harta negara itu sendiri. Bukan hanya menjaga komodo, tapi diharapkan agar keajaiban - keajaiban Indonesia pun tetap dijaga agar tetap eksis dan bisa semakin lestari. Kenapa demikian ? Bukan tidak mungkin nantinya dengan menjaga semua keajaiban negara maka akan muncul lagi keajaiban yang akan diakui oleh dunia.
Lalu dari sektor ekonomi, pemasukan negara dari bidang pariwisata pun diharapkan akan meningkat, dikarenakan turis internasional dan domestik yang tertarik untuk mengunjungi Pulau Komodo.

Dengan demikian,
Kemenangan Pulau Komodo di New 7 Wonders pun harus menjadi kemenangan Indonesia, khususnya masyarakat NTT.
Tidak ada efek buruk dari kemenangan komodo bila semua hal dapat di handle dengan baik, berbeda ceritanya bila ada tangan - tangan kotor yang berurusan dalam proses pengaplikasian kemenangan Pulau Komodo bagi masyarakat NTT, dan Indonesia.
Jadi, biarlah kemenangan Pulau Komodo menjadi kemenangan Indonesia juga.

Congratulations, Komodo Island

No comments:

Post a Comment