Monday, December 12, 2011

Tugas Pengantar Bisnis Minggu 4 - 6

Minggu 4

1. Perbedaan Kewiraswastaan, Wiraswasta, Wiraswastaan adalah

    Kewiraswastaan adalah kemampuan seseorang dalam menginvestasikan sejumlah uang untuk memulai sebuah usaha dan berani menanggung segala resiko yang terjadi.

    Wiraswasta adalah keberanian, keutamaan, dalam berusaha dan bersandar pada kekuatan sendiri.

    Wiraswastawan adalah orang - orang yang peka dalam melihat peluang bisnis di masyarakat dan mampu mengembangakan peluang bisnis tersebut menjadi usaha yang maju dan akhirnya membuka lapangan pekerjaan.

2. Franchising, Franchisor, Franchise

    Franchising adalah kerjasama manajemen untuk menjalankan perusahaan / cabang penyalur

    Franchisor / Pemberi Waralaba adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan ciri khas yang dimilikinya

    Franchise / Penerima waralaba adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan ciri yang khas yang dimiliki pemberi waralaba.

3. Franchising dalam negeri ( makanan, jasa kecantikan, pendidikan )

    Franchising Makanan
  • Bobby's Steak
  • Mie ayam gerobakan
  • Nasi Goreng 69
  • Pizza Rakyat
  • Kebab Turki Bang Raffi
    Franchising Jasa Kecantikan
  • Pure Beauty Care
  • VZ Skincare
  • Meji Mejiku Nail Saloon
  • Esther House Of Beauty
  • Yohannes Bridal
    Franchising Pendidikan
  • Ganesha Operation
  • Ayopinter
  • Jaritmatika
  • Kumon Indonesia
  • Primagama
4. Perusahaan kecil adalah perusahaan yang tidak memerlukan dana yang sangat besar untuk menjalankan usahanya tersebut.

5. 5 contoh perusahaan kecil yang berada di sekitar Kampus Gunadarma
  • Warung Makan Khas Sunda
  • Warung Fotocopy
  • Warnet
  • Kios Bunga
  • Toko Kaset DVD

Minggu 5

1. Fungsi manajemen adalah melakukan sebuah perencanaan dan mengatur semua perencanaan untuk mencapai tujuan dengan hasil yang memuaskan.

    Manfaat fungsi perencanaan jika kita aplikasikan dalam diri kita sebagai seorang mahasiswa adalah kita bisa membuat tujuan / sesuatu yang kita inginkan, diikuti dengan berbagai rencana yang bisa melancarkan tujuan kita.

2. Latar Belakang Manajemen :
   
    Beberapa bukti telah dijalankan praktik manajemen pada masa lampau adalah.
  • Bangunan Piramida ( Mesir )
  • The Great Wall ( China )
  • Menara Pisa ( Italia )
    Kejadian yang patut digarisbawahi dalam sejarah manajemen adalah :
   
    Revolusi industri, ketika tenaga manusia, sudah digantikan dengan tenaga mesin dalam aktivitas kehidupan pekerjaan.

3. Ketrampilan yang dibutuhkan manajer profesional adalah :
  • Pemimpin Lambang ( Figurehead )
  • Pemimpin ( Leader )
  • Penghubung ( Liaison)
  • Perunding ( Negotiator )
  • Pengendali Gangguan ( Disturbance Handler )
  • Pengalokasi Sumber Daya ( Resource Allocator )
  • Penyebar ( Dissiminator )
4. Organisasi adalah sekelompok orang yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

    Elemen Organisasi :
  • Nilai dan Visi
  • Misi
  • Aturan
  • Profesionalisme
  • Insentif
  • Sumber Daya
  • Rencana Kerja

Minggu 6

1. Perbedaan Pasar dengan Pemasaran adalah
    Pasar merupakan tempat dimana para penjual dan pembeli bertemu untuk mempertemukan barang -  barang mereka ( transaksi jual - beli ).
    Sedangkan pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

2. Contoh Pasar Industri :
  • DOW Chemical ( Perusahaan Asam Klorida )
  • AMD ( Perusahaan Processor )
  • Gula Semut ( Produsen Gula )
  • Hawker Siddeley ( Perusahaan Manufacture )
  • MAD ( Mobile Marketing )
    Contoh Pasar Penjual :
  • Crocs Reseller
  • Nike Reseller
  • Adidas Reseller
  • Gucci Reseller
  • Louis Vuitton Reseller
3. Konsep Inti Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan yang lain.

4. Variabel Bauran :
  • Produk
  • Harga
  • Promosi
  • Lokasi
5. Beberapa alternative sistem pemasaran yaitu :
  • TV
  • Outdoor
  • Tabloid
  • Radio
  • Majalah
  • Surat Kabar


***
Tugas Pengantar Bisnis ( Minggu 4 - 6 )

Suno Christiawan / 1 EB 19 / 28211609
Mustofa / 1 EB 19 / 25211044
Muhammad Iqbal / 28211014

No comments:

Post a Comment